Inap.id – Di tengah ketidakpastian ekonomi dan perubahan gaya hidup yang cepat, bisnis franchise minuman rupanya banyak dilirik oleh para pengusaha. Bahkan, permintaan akan inovasi rasa baru juga terus meningkat di kalangan pelanggan, yang membuat bisnis waralaba minuman menawarkan peluang menjanjikan.
Artikel ini akan membahas tentang bisnis franchise minuman terlaris 2023, yang bisa kamu jadikan rujukan jika tertarik untuk membuat usaha serupa.
Kenapa Harus Franchise Minuman?
Mungkin banyak yang masih ragu dan mempertanyakan apakah franchise minuman bisa mendatangkan income dan memiliki prospek menguntungkan untuk ke depannya? Jawabannya adalah ya, bisa. Mengapa demikian? Seseorang yang ingin memulai bisnis franchise minuman, cenderung membutuhkan modal yang lebih sedikit daripada membuka franchise makanan.
Selain itu, usaha produk minuman memiliki segmentasi masyarakat yang luas karena bisa masuk ke berbagai kalangan. Perkembangan minuman kekinian di Indonesia juga tidak perlu diragukan lagi. Karenanya, tidak heran jika usaha franchise minuman memiliki omset penjualan yang tergolong tinggi.
Alasan lain yang patut kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis ini adalah, franchise minuman tidak membutuhkan sumber daya manusia yang terlalu banyak. Dengan demikian, kamu bisa menyisihkan lebih banyak modal untuk meningkatkan usahamu.
Rekomendasi Franchise Minuman Terlaris 2023
Chatime
Siapa sih yang tidak tahu brand besar satu ini? Brand minuman brewed tea yang berasal dari Taiwan ini menawarkan 50 varian rasa minuman. Namun, tidak hanya berfokus pada brewed saja, ada banyak jenis minuman lain yang diperjualbelikan oleh Chatime, seperti smoothies, milk tea, coffee and latte, dan masih banyak lagi.
Chatime menjadi brand yang recommended untuk diajak kerja sama sebagai franchise karena memiliki kualitas produk yang konsisten dan juga reputasi yang kuat. Hal ini bisa mendatangkan banyak konsumen untuk membeli produk Chatime melalui franchise yang kamu buka.
Mixue
Sebagai brand minuman yang akhir-akhir ini menyita banyak perhatian masyarakat, baik itu karena lagu dan keunikan minumannya, Mixue hadir pada tahun 2020 di Indonesia. Walaupun masih tergolong muda, Mixue berhasil menggaet banyak konsumen karena keunikan brand-nya.
Tidak hanya menjual minuman saja, tetapi Mixue juga hadir dalam bentuk es krim dengan harga terjangkau dan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Berhasil menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menghilangkan dahaga dan rasa panas di tengah terik matahari musim kemarau Indonesia, franchise Mixue worth it untuk dijadikan mitra bisnis.
Xi Boba
Boba atau bubble yang sempat menjadi tren minuman di masyarakat, mampu membuat brand Xi Boba ikut meroket. Memiliki kemasan yang instagramable juga membuat franchise minuman ini makin dikenal di masyarakat. Selain itu, Xi Boba selalu up to date terhadap tren yang sedang terjadi di masyarakat. Hal tersebut membuat Xi Boba menjadi pilihan minuman favorit masyarakat Indonesia.
Janji Jiwa
Merek yang fokus pada varian minuman kopi ini menjadi favorit anak-anak muda zaman sekarang. Memiliki cita rasa kopi lokal yang khas, membuat brand Janji Jiwa mampu meroket di tengah gempuran kompetitor lain yang sedang gencar-gencarnya membangun bisnis serupa.
Janji Jiwa terus melakukan inovasi terhadap menu yang mereka sediakan supaya semua kalangan bisa menyukai kopi yang mereka sajikan. Ketika kamu menjadi bagian franchise Janji Jiwa, kamu juga akan memiliki banyak keuntungan, yaitu proses administrasi dan kerja sama yang mudah. Juga, kamu bisa menggunakan menu Toast Jiwa sebagai daya tarik lain di dalam bisnismu sehingga bisnis franchise yang kamu miliki dapat berkembang pesat.
Teh Poci
Rekomendasi selanjutnya adalah franchise Teh Poci. Merek ini merupakan salah satu franchise minuman terlaris. Bahkan, gerainya dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Teh Poci juga menawarkan berbagai varian, seperti teh original hingga varian dengan campuran rasa buah dan susu.
Selain itu, Teh Poci memiliki harga yang terjangkau, yang memudahkannya dalam menjangkau berbagai segmen pasar. Teh Poci juga memiliki potensi memberikan keuntungan yang tinggi, terutama jika memiliki manajemen dan operasi yang baik.
Kopi Kulo
Kopi Kulo dikenal sebagai produk kopi yang memiliki kualitas kopi yang baik, sehingga dapat berpeluang untuk menarik minat pelanggan terutama pecinta kopi. Dengan merek yang terkenal, Kopi Kulo dapat membantu untuk memudahkan kamu dalam promosi dan membangun usaha. Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis perkopian, tidak perlu takut untuk memulai. Hal ini karena Kopi Kulo menyediakan sesi pelatihan, panduan, dan dukungan pemasaran kepada pemilik bisnis franchise mereka.
Es Teh Indonesia
Kebiasaan orang Indonesia minum es teh ketika cuaca panas membuat franchisor atau pewaralaba berlomba untuk membuka bisnis es teh. Salah satu franchise es teh yang sedang terkenal dan banyak dilirik adalah Es Teh Indonesia.
Brand minuman ini menawarkan minuman berbasis teh dengan aneka macam rasa dan varian. Es Teh Indonesia telah membangun merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam menyajikan es teh berkualitas, ini akan menjadi daya tarik tambahan bagi calon pelanggan.
Haus! Indonesia
Rekomendasi terakhir untuk franchise minuman adalah Haus! Indonesia. Minuman Haus! kini sedang ramai diperbincangkan di mana-mana karena menu kolaborasinya dengan brand KitKat. Menunya yang sangat beragam dan harganya yang murah membuat Haus! memiliki segmentasi pasar yang cukup menjanjikan.
Untuk kamu yang baru mau terjun ke bisnis franchise, tidak perlu khawatir soal urusan operasional jika bergabung dengan bran ini. Pasalnya, semua itu akan diatur langsung oleh manajemen Haus!, mulai dari perekrutan karyawan, keperluan marketing, hingga penjualan. Pun, 50% dari laba bersih mitra akan dibagi oleh manajemen Haus! Indonesia.
Tips Bisnis Franchise Minuman
Membuat Strategi Pemasaran
Dalam dunia bisnis seperti franchise, strategi pemasaran merupakan hal yang penting dan tidak boleh terlupakan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis franchise minuman yang kamu miliki dapat menjangkau target pelanggan yang dituju. Strategi pemasaran yang cukup strategis adalah pemasaran transaksional, contohnya seperti menawarkan diskon dan promosi lainnya yang menguntungkan pelanggan.
Memilih Lokasi Strategis
Lokasi yang strategis memungkinkan kamu untuk lebih mudah untuk menarik pasar target. Lokasi juga memberikan visibilitas yang tinggi bagi bisnis, karena memungkinkan untuk mempromosikan franchise yang kamu kelola menjadi lebih banyak dikenal orang. Selain itu, lokasi yang memiliki kemudahan dalam aksesibilitas dapat meningkatkan penjualan dan tingkat kunjungan pelanggan karena mudah diakses oleh pelanggan.
Memberikan Pelatihan Karyawan
Terdapat beberapa fungsi penting dari pemberian pelatihan karyawan dalam membuka franchise minuman. Melalui pelatihan yang konsisten karyawan akan memahami standar kualitas yang harus mereka pertahankan dalam penyajian minuman. Karyawan yang terlatih dengan baik cenderung lebih efisien ketika menjalankan tugas mereka, sehingga dapat membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas gerai franchise.
Memberikan Pelayanan Konsumen Terbaik
Sukses dan tidaknya sebuah usaha dapat dilihat dari seberapa banyak konsumen dan produk terjual. Layanan konsumen yang baik mampu menghasilkan umpan balik yang positif dari konsumen, yang dapat membantu dalam peningkatan penjualan bisnis kamu. Dalam industri yang kompetitif seperti bisnis minuman, pelayanan konsumen yang unggul dapat membedakan bisnis kamu dari pesaing. Hal ini bisa menjadi faktor penentu untuk memikat pelanggan.
Untuk kamu yang kini masih bingung untuk berbisnis apa, membuka usaha franchise terutama minuman merupakan pilihan yang tepat. Memilih merek produk yang memiliki brand image baik tentunya bisa membuat konsumen berbondong-bondong datang ke store milikmu, guna membeli produk yang kamu tawarkan.
Tinggalkan Balasan